Translate

7 September 2013

Sistem Jaringan Internet

PROTOKOL
  Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengizinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antar dua atau lebih titik komputer. Aturan tersebut meliputi cara mengakses jaringan, topologi fisik jaringan, tipe tipe kabel, dan kecepatan akses. 
 Protokol perlu diutamakan pada penggunaan standar teknis, untuk menspesifikasi bagaimana membangun komputer atau menghubungkan peralatan perangkat keras. Protokol secara umum digunakan pada komunikasi
real - time dimana standar digunakan untuk mengatur struktur dari informasi dalam penyimpanan jangka panjang. Ada beberapa protokol jaringan yang sering digunakan, antara lain secara berikut.

1.Ethernet
     Ethernet merupakan protokol yang paling sering digunakan untuk membuat LAN berkabel.segmen jaringan enthernet menggunakan kabel twisted pair,coaxial ataupun fiber optik dengan kecepatan transmisi yang bervariasi. sekarang ia menjadi protokol LAN yang paling populer karena relatif murah dan mudah di install serta ditangani. sebuah network yang menggunakan ethernet sebagai protokol sering disebut ethernet network

2. Apple Talk
     apple talk merupakan protokol yang dikembangkan oleh perusahaan apple computer, inc. dan digunakan khusus untuk mesin-mesin komputer apple atau macintosh dengan kecepatan transmisi sekitar 230 Kbps,

3. Token Ring
      protokol token merupakan protokol yang paling banyak digunakan untuk membentuk LAN setelah ethernet. token ring digunakan pada jaringan bertopologi cincin (ring) ataupun bintang (star). teknologi token ring merupakan kecepatan transmisi data dari 4Mbps hingga 16Mbps.
      metode akses adalah melalui token dalam sebuah lingkaran seperti cincin. jaringan ring telah lama dan dipakai untuk LAN maupun WAN. Link merupakan kumpulan Link point individual yang membentuk sebuah lingkaran.

4. LocalTalk
     Localtalk adalah sebuah protokol jaringan yang dikembangkan oleh apple,Inc. untuk mesin-mesin kompeter Macintosh.adapter localtalkdan kabel twisted pair khusus dapat digunakan untuk menhubungkan beberapa komputer melewati port serial.Sistem Operasi Mancintosh memungkinkan koneksi  secara jaringan peer-to-peer tampa menyebutkan aplikasi khusus

5.FDDI
     FDDI (Fiber distributed-Data Interface) adalah standar komunikasi data yang menggunakan Fiber Optic pada LAN dengan panjang sampe 200 km. protokol FDDI berbaris pada protokol token ring. FDDI terdiri dari dua token ring, yang satu ring-nya berfungsi sebagai ring backup jika seandainya ada dua ring dari dua ring tersebut yang putuh atau mengalami kegagalan dalam kerja. sebuah ring FDDI memiliki kecepatan 100 Mbps.sehingga bisa menjadi alternatif penganti ethernet dan token ring.

6. ATM


     ATM (Asynchhronous Transfer Mode) sebuah protokol jaringan yang menteramisikan data pada kecepatan 155 Mbps atau lebih. ATM mampu menteransmisikan data kedalam satu paket sedangkan protokol yang lain metode mentransfer pada besar-kecil paket. ATM mendukung variasi media seperti video,CD-audio,dan gambar. ATM bekerja pada topologi bintang, dengan menggunakan kabel twisted pair. ATM juga digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih.

1 komentar:

  1. Tolong Berikan Komentarnya, Biar Saya Bisa Lingkarkan Anda

    BalasHapus

World Of Warcraft, WoW Short SwordSuperman Logo Pointer